MONEV PKM: PROGRAM PENGEMBANGAN MASTER PLAN PENGELOLAAN GEOWISATA DAN MUSEUM GEOLOGI GUNUNG API PURBA GUNUNG IRENG

Berita, 30 July 2020

Dalam rangka  monitoring dan evaluasi pelaksanaan PkM agar sesuai dengan perencanaannya, Tim LPPM IST AKPRIND Yogyakarta melakukan MONEVINT dan kunjungan lapangan pada tanggal tanggal 18 Juli 2020. Tim LPPM yang diterjunkan terdiri dari 4 personil, yaitu Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Bambang Kusmartono, S.T., M.T., Ari Santosa, S.T., M.Sc., dan HUMAS Institut Dwi Setya Wahyudi, M.Sc. Kali ini kunjungan dilakukan untuk pelaksanaan PkM sumber dana KEMENRISTEK-BRIN Tahun 2020 skema PPDM yang diketuai oleh Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T.  dan beranggotakan 3 dosen yaitu Dina Tania, S.T., M.T., Ir. Suhartono, M.T., dan Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi,S.T., M.T. PkM ini adalah Program Pengembangan Master Plan Pengelolaan Geowisata dan Museum Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng. Berbarengan dengan Monevint dan kunjungan tersebut sekaligus diselenggarakan kegiatan Sarasehan di Kawasan Wisata Gunung Ireng.

Hadir dalam sarasehan antara lain Panewu Patuk, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Bapeda Gunungkidul, Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Bendahara Yayasan Pembina Potensi Pembangunan, Tim LPPM, Lurah Pengkok, Beji, Salam, dan Semoyo, serta Pokdarwis Gunung Ireng dan masyarakat padukuhan Srumbung. Dalam sarasehan terungkap bahwa Gunung Ireng merupakan kawasan yang istimewa dan bermanfaat untuk pendidikan. Geologi Gunung Ireng meliputi geomorfologi, litologi dan stratigrafi, serta sejarah geologinya akan memberikan edukasi baru bagi pengunjung. Gunung Ireng memiliki kondisi Geografis dan bebatuan yang tidak dimiliki atau dijumpai di tempat lain. Berdasarkan hasil penelitian, Gunung Ireng diketahui awalnya merupakan gunung yang berada di laut dengan kedalaman cukup. Namun seiring pertumbuhan kubahnya akhirnya semakin lama sampai ke permukaan. Usia gunung ini diperkirakan diatas 20 juta tahun.

Profil


Visi LPPM Sesuai dengan visi-misi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, LPPM IST AKPRIND memiliki visi unggul dalam mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis sains dan teknologi. Misi LPPM Berkoordinasi dengan seluruh program studi dalam pelaksanaan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P Selanjutnya...

Kontak