PEMBERITAHUAN PENGECEKAN KUALITAS DATA DI SINTA

Berita, 21 January 2019

Sesuai Surat Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek Dikti Nomor : 4871/E5.2/TU/2018, tanggal: 19 Desember 2018, perihal: Pemberitahuan Pengecekan Kualitas Data di SINTA, dengan ini diinformasikan kepada Ibu/Bapak Ibu Dosen IST AKPRIND Yogyakarta agar terus memelihara data publikasi di akun Google Scholar dan Scopus agar data pada SINTA (Science and Technology Index) terjamin akurasinya.

Beberapa pelanggaran dari sisi etika dan integritas ilmiah yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Karya yang didaftarkan bukan karya yang bersangkutan.
  2. Mengorganisasi peningkatan publikasi dengan menyelenggarakan workshop secara berkelompok tidak sesuai ketentuan ilmiah melalui proses review yang baik. 
  3. Melakukan manipulasi sitasi (untuk menaikan H-index) dengan  kolaborasi paper yang mengajak peneliti lain secara bersama-sama menulis dan masing-masing bertindak sebagai penulis utama dan penulis pendamping dengan jumlah artikel sesuai jumlah anggota kelompok tersebut.
  4. Masing-masing artikel mensitasi artikel lain di dalam kelompok dan menerbitkannya dalam kurun waktu yang sama pada jurnal/konferensi yang tidak dilakukan proses review sebagaimana mestinya.

Pemeliharaan data pada akun Google Scholar dan Scopus tersebut diperlukan agar terjamin dari sisi kualitas publikasi dan terhindar dari pelanggaran etika dan integritas ilmiah.

Terimakasih.

Profil


Visi LPPM Sesuai dengan visi-misi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, LPPM IST AKPRIND memiliki visi unggul dalam mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis sains dan teknologi. Misi LPPM Berkoordinasi dengan seluruh program studi dalam pelaksanaan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P Selanjutnya...

Kontak